Cara Paling Mudah Budidaya Ikan Nila Supaya Cepat Memanen

Siapa yang tak kenal dengan ikan nila dimana ikan tersebut sering menjadi santapan lauk. Menariknya budidaya ikan nila ini tergolong mudah sekali. Bahkan ikan ini dari segi pertumbuhannya tergolong lebih cepat dibandingkan ikan yang lain. Beragam cara bisa dilakukan untuk membudidayakan ikan tersebut. Mulai dari kolam semen, kolam terpal, tambak, jaring apung, keramba dan lainnya. Biasanya pertumbuhan ikan nilai ini bisa sampai pada berat 1 kg per ekornya. Ikan tersebut memang mempunyai tekstur daging yang terbilang enak. Inilah mengapa banyak pembeli menyukai jenis ikan tersebut.

Bagi anda yang memang berkeinginan budidaya ikan nila. Alangkah baiknya menyimak setiap langkahnya berikut ini:

1. Persiapkan kolam terlebih dahulu
Jika memang anda berkeinginan pelihara ikan nila sebaiknya anda persiapkan kolamnya terlebih dahulu. Dimana kolam bisa anda buat dari tanah. Tentunya biaya yang perlu anda keluarkan untuk pembuatan kolam juga terbilang murah. Apalagi dari proses pembuatannya terbilang mudah jika dibandingkan yang lain.

2. Tentukan pilihan benih berkualitas
Siapapun orangnya tentu saja berkeinginan panen ikan nila yang segar dan berkualitas. Inilah mengapa saat pembibitan perlu memilih benih berkualitas. Dalam memilih benih mungkin lebih baik pilih saja benih dengan jenis kelamin jantan. Dimana dari segi pertumbuhannya tergolong lebih cepat jika anda bandingkan dengan yang betina.

3. Proses penebaran benih
Saat sudah memperoleh benihnya maka dalam budidaya ikan nila ini anda perlu melalui proses penebaran benih. Dimana sebelumnya kolam harus terisi air sedalam 75 cm. barulah anda bisa menebarkan benih sekitar 10 hingga 20 gram per ekornya. Sebelum akhirnya benih tersebut ditebar biasanya benih ini masih perlu melalui tahapan pembiasaan adaptasi. Hal ini bertujuan agar anda mampu kurangi kematian benih ikan nila.


4. Pemeliharaan budidaya ikan nila
Ketika semua persiapan telah diselesaikan sebaiknya anda merawat ikan nila tersebut dengan baik sampai masa panennya. Setidaknya anda perlu melakukan pengelolaan airnya, pemberian pakannya sekaligus mengendalikan hama penyakitnya. Tak bisa dipungkiri lagi jika ketiga hal tersebut mempunyai peranan besar dalam budidaya ikan nila. Asalkan perawatan dilakukan dengan baik maka hasil panen ikan nila pun juga berkualitas. Anda pastinya bakalan merasa senang mampu memanen ikan nila sesuai harapan.

5. Panen ikan nila
Jika memang anda sudah membudidayakan ikan nila pastinya mengerti kapankah masa panennya. Biasanya waktu yang anda perlukan untuk budidaya ikan ini mulai penebarannya sampai dengan panennya butuh waktu sekitar 4 bulan. Dari sini ukuran ikan nila pun bakalan berubah. Jika perawatan yang anda lakukan berhasil maka berat dari ikan tersebut bisa saja mencapai 300 hingga 500 gram per ekornya. Hal ini pastinya mencapai salah satu pencapaian yang perlu anda banggakan. Jika ikan nila cukup besar dan terlihat segar maka harga jualnya pun juga bakalan ikut naik.

Semoga saja dengan hadirnya berbagai macam trik budidaya ikan nila sampai panen ini menjadi inspirasi terbaik bagi anda. Hingga akhirnya memanen ikan nila berkualitas pun bisa terwujudkan. Dengan pemilihan benih ikan nila berkualitas maka hasilnya pun juga sesuai dengan targetnya. Inilah mengapa dalam memilih benih ikan harus diperhatikan dengan baik kondisi ikannya. Jangan sampai anda hanya sembarangan ketika pemilihan benihnya hingga banyak benih yang mati. Benih berkualitas nantinya mampu bertahan hidup sampai masa panennya telah tiba.
`

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *