Mengenali Karakteristik Burung Cenderawasih

Burung cenderawasih merupakan salah satu spesies burung cantik yang biasa dijuluki sebagai burung surga oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan burung yang satu ini memiliki bulu yang indah dengan bentuk tubuhnya yang mungil dan juga menawan. Kombinasi warna yang dimiliki oleh burung cenderawasih ini selalu dikagumi oleh semua orang yang melihatnya. Burung cenderawasih memiliki habitat khusus yang tak sembarangan. Namun seiring berjalannya waktu jumlah burung surga ini semakin berkurang karena ulah para pemburu liar yang mengakibatkan burung indah ini berada di ambang kepunahan. Oleh sebab itu kini pemerintah sedang memikirkan cara untuk melestarikan burung tercantik di dunia ini.

Burung endemik Indonesia bagian timur ini kini jumlahnya semakin sedikit. Habitatnya masih sangat alami yakni di sekitar hutan Papua membuat burung ini masih bisa bertahan di ambang kepunahan. Keindahan dan pesona burung cenderawasih ini bahkan diketahui oleh seluruh belahan dunia. Burung yang berasal dari genus paradisaea ini merupakan jenis burung yang sangat terkenal. Berat yang dimiliki oleh burung cenderawasih ini sekitar 50 gram dengan panjang 15 cm.

Karakteristik yang dimiliki oleh burung surge ini adalah sangat menyukai hidup di daerah hutan tropis. Ukuran burung inipun sangat beragam mulai dari yang kecil hingga yang besar. Cenderawasih hidup dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan biji-bijian yang ada di hutan. Selain itu burung cantik ini juga biasa memakan serangga kecil yang ada di dekatnya. Burung cenderawasih baru bisa dibedakan jenis kelaminnya ketika ia telah memasuki usia dewasa. Saat usia mudah burung ini akan sulit dibedakan antara jantan dan betina karena bentuknya yang cenderung sama.

Ekor yang dimiliki oleh burung ini emmiliki bentuk yang tergolong tipis dan juga melengkung. Lengkungan ekor burung cenderawasih ini sekitar 30 cm. karakteristik unik lain yang dimiliki oleh burung cenderawasih ini adalah suaranya yang melengking ketika ia terbang bebas di udara. Selain itu cenderawasih jantan memiliki buku yang lebih panjang jika dibandingkan dengan cenderawasih betina. Untuk kematangan seksualnya, burung cenderasih jantan baru bisa berkembang biak setelah usianya menginjak usia dua tahun. Sedangkan betina baru bisa berkembang biak pada usia 4 hingga 6 tahun. Karena faktor ini juga yang membuat jumlahnya semakin lama semakin sedikit.


Burung cenderawasih juga memiliki banyak sekali keunikan. Keunikan yang dimilikinya dapat terlihat dari warna bulunya yang indah, menawan, dan memiliki banyak jenis. Hal tersebut lah yang membuat banyak orang yang menyukai burung ini sejak pertama kali melihatnya. Burung ini sangat susah untuk ditangkap ketika berada di alam bebas. Hal tersebut dikarenakan burung cederawasih selalu berada di ketinggian dan jarang menginjakkan kakinya di atas tanah.

Bahkan mereka akan membuat sarang di atas pohon yang tinggi untuk mengerami telurnya agar sulit untuk dijangkau oleh para pengganggu seperti manusia. Oleh sebab itu burung yang satu ini memiliki burung surga. Selain itu jenis burung cenderawasih pun berbeda-beda dan semuanya memiliki ciri dan karakteristis yang berbeda-beda. Ciri tersebut dapat dibedakan dari kombinasi dan warna bulu yang dimiliki oleh setiap jenis burung cenderawasih. Burung ini bisa menjadi sangat populer karena memiliki banyak sekali jenis dengan tampilan yang luar biasa indah. Karena keindahannya, burung ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Tak heran jika banyak orang yang ingin mendapatkannya dan menjual burung cantik ini padahal kegiatan tersebut dapat mengancam keberadaan burung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *