Sebelum Adopsi Anjing, Pastikan Anda Memenuhi Syaratnya

Anjing merupakan hewan peliharaan yang banyak diminati dan populer di seluruh dunia. Banyak orang yang jatuh hati dengan hewan peliharaan yang satu ini. itulah yang membuat banyak orang melakukan adopsi anjing untuk dipelihara. Yang menjadi daya tarik hewan peliharaan yang satu ini adalah kecerdasan dan juga kesetiaan yang dimiliki olehnya. Anjing bisa membangun ikatan yang begitu kuat dengan para pemiliknya sehingga bisa dijadikan sebagai sahabat yang bisa diandalkan. Selain itu anjing juga memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi sehingga membuatnya mudah untuk dilatih dan diajarkan sesuatu. Namun sebalum mengadopsi hewan peliharaan ini, ada hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum anda mengadopsi anjing:

1. Sesuaikan dengan gaya hidup
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum adopsi anjing adalah menyesuaikannya dengan gaya hidup yang anda miliki. Anda harus memikirkan waktu jangka panjang jika anda mengadopsi seekor anjing. Hal tersebut dikarenakan hewan peliharaan yang satu ini tak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus menyesuaikannya juga dengan waktu luang yang dimiliki. Jika anda merupakan seseorang yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang yang banyak maka jangan dulu mengadopsi seekor anjing. Anjing jarus diajak bermain, dirawat, dan juga dijaga seperti membesarkan anak. Karena ia tak cocok hidup di dalam kandang. Anda juga harus memberikan perhatian dan juga kasih sayang yang tulus kepada mereka.

2. Perhatikan lingkungan sekitar anda

Kalau anda memang tak memiliki waktu yang banyak tapi tetap ingin adopsi anjing, perhatikan dulu lingkungan yang ada di sekitar anda. Apakah ada orang yang bisa anda percaya untuk menjaganya atau merawarnya ketika anda meninggalkannya untuk bekerja. Hal tersebut dikarenakan anjing merupakan jenis hewan peliharaan yang tak bisa ditinggal sendirian di dalam rumah. Ada beberapa jenis anjing yang bisa menjadi pengacau jika ditinggal sendiri di dalam rumah dalam keadaan kosong. Oleh sebab itu anda harus memiliki orang yang bisa dipercaya untuk mengurusnya sewaktu anda beraktivitas di luar rumah.

3. Perhatikan kebutuhan yang diperlukan
Jika anda memutuskan untuk adopsi anjing, maka itu berarti anda sudah melakukan komitmen yang sangat besar. Pasalnya jika anda mengadopsi hewan peliharaan anda pun harus siap dengan segala konsekuensinya. Hal tersebut dikarenakan anda harus merawat dan juga memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh hewan peliharaan tersebut termasuk dengan menyiapkan budget lebih untuk semua perawatannya. Perawatan yang harus dilakukan selain pemberikan makanan dan minuman adalah pemberian perhatian dan juga perawatan medis lainnya. Mengingat vaksin dan pemberian vitamin sangatlah penting agar anjing bisa tumbuh dengan sehat dan juga kuat.

4. Jangan biarkan anjing dipaksa memiliki keahlian
Kalau anda memutuskan untuk adopsi anjing hanya ingin melihatnya bisa melakukan sesuatu seperti duduk, salapan, menangkap bola dan keahlian yang lainnya, maka segera urungkan niat yang dimiliki anda untuk mengadopsinya. Keahlian yang dimiliki oleh seekor anjing bukanlah prioritas utama yang harus dimiliki. Hal tersebut dikarenakan pemilik hewan peliharaan ini bukanlah sosok majikan untuk mereka, melainkan sosok orang tua dan juga sahabat yang sudah sepatutnya memberikan kasih sayang dan memberikan mereka kebebasan untuk mendapatkan haknya untuk hidup dengan sejahtera. Pelatihan yang berlebihannya justru akan membuatnya merasa tersisihkan. Anda harus mengajaknya melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan daripada terus-terusan melatihnya untuk memiliki keahlian seperti hewan sirkus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *